My Blog

My Blog

Rabu, 23 April 2014

Yuk, Merawat Diri! :)


Assalaamu'alaikum, banyak muslimah yg belum bisa membedakan perawatan dg tabarruj. #MerawatDiri

Bagi muslimah tentunya #MerawatDiri itu sangat penting.. Yang pasti harus sesuai syari'at ya shalihat.

#MerawatDiri dengan menjaga kebersihan dan menjaga fisik yang sudah Allah berikan tanpa mengubah bentuk aslinya..

Meski kita menutupi seluruh tubuh maupun wajah dg jilbab syar'i dan niqab #MerawatDiri tetap perlu shalihat. Karena ini untuk kesehatan juga.

Adakalanya kulit kita butuh penyegaran & dibersihkan dg lulur. Kita bisa memilih lulur alami atau membuatnya sendiri dr herbal #MerawatDiri

Bikin lulur sendiri dari zaitun yang kaya akan zat untuk membuat kulit halus dan bersih. #MerawatDiri

Atau sesuaikan dg kondisi kulit dan bahan, bisa juga dr bengkoang atau alpukat. #MerawatDiri

Kalau mau praktis nih, bisa memilih lulur langsung jadi yang alami. Banyak kok yang alami dg aroma khas. Jadi gak merusak kulit #MerawatDiri

Karena lulur dg kandungan whitening yg berlebihan atau bahan2 kimia bisa merusak kulit dan kesehatan kita. #MerawatDiri

Karena fungsi lulur adalah untuk membuat kulit kita halus dan mengangkat kotoran serta sel kulit mati.. #MerawatDiri

Meluangkan waktu sejenak untuk merawat diri itu perlu, karena tubuh butuh penyegaran dari penatnya rutinitas. #MerawatDiri

Terutama untuk yang sudah menikah #MerawatDiri sangat perlu, yg belum menikahpun jangan malas dan gagap pas deket2 hari H..

Selain dari luar, kita juga perlu #MerawatDiri dari dalam dg mengkonsumsi makanan2 yg sehat ataupun madu dan zaitun yg baik untuk kulit.

In syaa Allah #MerawatDiri dg cara yg syar'i tidak menghabiskan banyak dana.. Jangan menganggap org yg merawat diri itu tabarruj. Karena #MerawatDiri dg tabarruj sgt berbeda.. Tabarruj sengaja menampilkan keindahannya untuk dipuji sedangkan #MerawatDiri menjaga karunia Allah sbg syukur dg cara yang syar'i dan tetap menutupi setiap keindahan diri di depan ajnabi.

#MerawatDiri pd bagian kuku juga sangat penting, potong kuku rutin bersihkan sela2nya, rendam dg air hangat.

Walaupun kuku kaki tertutup kaos kaki jangan malas #MerawatDiri karena bisa jd infeksi jika dibiarkan tumbuh dan tdk dibersihkan sela2nya.

Bagian gigi juga harus rajin2 untuk dibersihkan biar gak menimbulkan aroma yg mengganggu. Konsumsi makanan juga berpengaruh #MerawatDiri

Bagian hidung juga harus rajin untuk #MerawatDiri.. bagian mata juga perlu penyegaran. Gunakan mentimun untuk kompres mata.

Kulit wajah juga perlu untuk dirawat, gunakan zaitun/madu/bengoang/alpukat sbg masker #MerawatDiri. Hilangkan komedo dg putih telur yg dijadikan masker #MerawatDiri.

Jika ingin menggunakan perawatn praktis dari dokter pastikan perawatan itu aman dan halal untuk kulitmu #MerawatDiri. Jangan asal cepet kelihatan putih cling2 tp mengandung mercuri.. karena cantik itu gak harus putih tp bersih dan pandai #MerawatDiri.

Bagian bibirpun perlu dirawat dg membubuhkan madu asli/zaitun beberapa menit untuk menghaluskan kulit bibir agar gak pecah2 #MerawatDiri

Bagian rambut yg ditutup sangat rawan minyak dan ketombe. Cuci rambut rutin dg shampoo rutin sisir rapi dan gunakan kerudung syar'i untuk #MerawatDiri pd rambut.

Setelah mencuci rambut beri jeda waktu hingga rambut kering untuk berkerudung agar tidak bau #MerawatDiri

Bagian telinga juga perlu dirawat, bersihkan kulit pd telinga secara halus dan jangan mengorek terlalu dalam #MerawatDiri

Oya, tips untuk akhwat #MerawatDiri selalu sedia tisu kering atau handuk kecil yg bersih. Jgn langsung menggunakan pakaian setelah buang air karena bakteri dan kuman akan membuat iritasi bahkan keputihan dibagian yg lembab #MerawatDiri.

Tidak perlu parfum yg justru menimbulkan dosa, cukup gunakan tawas dan sering mengkonsumsi beluntas agar tidak bau badan #MerawatDiri.

oya, GPP pakai parfum atau make up buat tabarruj... sst tp di depan suami aja #MerawatDiri

kalau mau pilih salon. Pilih salon syar'i khusus muslimah untuk #MerawatDiri bukan mengubah bentuk diri.

Selain itu olahraga dan menjaga wudhu itu sangat berpengaruh

Demikian sedikit sharing #MerawatDiri secara syar'i untuk muslimah dr ujung rambut sampai ujung kaki. Semoga bermanfaat.

sumber : Peduli Jilbab

0 komentar:

Posting Komentar