My Blog

My Blog

Rabu, 23 April 2014

Menjadi Muslimah Shalihah





"Sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita shalihah." (HR. Bukhari)

Apa aja ciri-ciri wanita shalihah itu? Selain ciri-ciri umum seperti iman, taqwa, dan rajin ibadah; ada ciri-ciri khusus bagi wanita. Beberapa ciri yang disebut dalam Al-Qur`an dan Hadits diantaranya:

1. Berhijab
Wanita berhijab memang belum tentu shalihah. Tapi wanita shalihah sudah pasti berhijab.

“Hai Nabi, Katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, Karena itu mereka tidak di ganggu.” (QS. Al-Ahzab: 59)

2. Taat pada suami
"Maka wanita-wanita shalihah ialah yang taat lagi memelihara diri dibalik belakang suaminya sebagaimana Allah telah memelihara dirinya." (QS. An-Nisaa`: 34)

3. Penuh kasih sayang dalam rumah tangga
"Maukah aku beritahukan kepada kalian, istri-istri kalian yang menjadi penghuni surga yaitu istri yang penuh kasih sayang, banyak anak, dan selalu kembali
kepada suaminya. Di mana jika suaminya marah, dia mendatangi suaminya dan meletakkan tangannya pada tangan suaminya seraya berkata: "Aku tak dapat tidur sebelum engkau ridha." (HR. An-Nasa`i no. 257)

4. Menjaga diri dan hati dari lelaki bukan mahrom
“Tidaklah seorang wanita itu berkhalwat (berduaan menyepi) dengan seorang laki-laki, kecuali setan menjadi pihak ketiganya.” (HR. Ahmad)

5. Tidak berpakaian seperti lelaki
“Allah melaknat laki-laki yang menyerupai wanita dan wanita-wanita yang menyerupai laki-laki.” (HR. Ahmad)

6. Tidak berpergian jauh kecuali ditemani mahrom
“Seorang wanita dilarang mengadakan suatu perjalanan sejarak sehari semalam keculai disertai mahromnya” (Muttafaq `Alaih)

***
Siapa yang mau jadi muslimah shalihah seperti ciri-ciri di atas?

0 komentar:

Posting Komentar