My Blog

My Blog

Sabtu, 14 Juni 2014

Muslimah sudahkah kita menjaga mata kita dari maksiat mata sebagai berikut?




Melihat wanita/ lelaki lain yang bukan mahram,
Melihat aurot,
Membuka badan dihadapan orang lain yang haram melihatnya,
Membuka anggota antara pusar dan lutut,
Membuka dua kemaluan (qubul/ jalan depan dan dubur/ jalan belakang) di tempat sepi tanpa adanya hajat,
Melihat Muslim dengan rendah,
Mengintip rumah orang lain tanpa Izin,
Melihat sesuatu yang disamarkan,
Melihat kemungkaran jika hatinya tidak mengingkari.
Karena setiap anggota badan yang saat ini kita miliki, hanyalah titipan dari Allah dan kelak akan ada pertanggung jawabannya.

Maka alangkah lebih baik jika kita gunakan semaximal mungkin mata ini untuk kebaikan, agar di mudahkan hisabnya dan berbuah manis bagi diri kita kelak. In shaa Allah.

Dalam sebuah hadits yang berasal dari Hasan Basri Rasulullah SAW bersabda : “Setiap mata manusia di akhirat nanti pasti akan menangis, kecuali empat mata :

1. Mata yang menangis (selalu di dunia) karena takut kepada Allah
Pertama
Mata yang menangis di dunia karena takut kepada Allah, karena merenungi kebesaran Allah, karena merenungi kebodohan diri dan karena menyesali kesalahan yang pernah dilakukan.
Allah SWT memperingatkan kita dalam firmannya :
”Maka apakah kamu merasa heran terhadap pemberitaan ini? Dan kamu menertawakan dan tidak menangis? Sedangkan kamu melengahkannya? Maka bersujudlah kepada Allah dan sembahlah (Dia).” (QS An Najm : 59-62)

2. Mata yang dipejamkan dari segala larangan Allah
Kedua
Mata yang dipejamkan dari segala larangan Allah. Artinya yang tidak mau menoleh apalagi mengerjakan larangan Allah. Sumber dosa itu ada dua : mengerjakan larangan Allah dan meninggalkan perintah-Nya.

3. Mata yang diajak jaga malam (tahajud) karena takut kepada Allah
Mata yang selalu diajak bangun malam (tahajud). Tahajjud adalah satu-satunya shalat sunah yang secara tersurat tertulis dalam Al Qur’an.

“Dan pada sebagian malam hari shalat tahajjudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagi kamu. Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat(derajatmu)mu ke tempat yang terpuji.” (QS Al Isra : 79)

4. Mata yang diajak jaga (memelihara) pasukan di bekalang umat Islam
Keempat
Mata yang diajak jaga malam dalam perang fi sabilillah. Artinya mata yang selalu siaga terhadap kemungkinan yang membahayakan umat Islam. Sebab kita sebenarnya selalu diintai musuh-musuh Islam sebagai rivalnya.

Jaga mata, jaga hati yah muslimah
Wallahu`alam..

Inspirasi dari http://lenterahati21.blogspot.com/

0 komentar:

Posting Komentar